Langsung ke konten utama

TEKNOLOGI KOMPUTER

A. Pengertian teknologi computer 

Teknologi komputer berkorelasi dengan teknologi informasi dan digunakan untuk mempelajari jaringan komputer, dan lain-lain, selain itu juga mencakup daftar perangkat lunak dan perangkat lunak yang beragam. Termasuk pemrograman, jaringan, desain database dan pengembangan untuk memastikan komputer bekerja dengan baik.

Secara definisi Teknologi komputer juga bisa diartikan kombinasi perangkat keras atau perangkat lunak yang terkait dengan komputer seperti komputer multimedia, berbagai jenis media (grafik, audio dan video) dan alat komunikasi berjejaring (email, bulletin board, Blackboard atau WebCT, dan listserves), bersama dalam setting pendidikan untuk Meningkatkan pembelajaran bahasa program. 

Kata computer sebenarnya berasal dari Bahasa latin, yakni computer yang artinya adalah menghitung. Secara umum komputer adalah perangkat yang dapat diinstruksikan untuk melakukan serangkaian operasi aritmatika atau logika yang sewenang-wenang secara otomatis. Kemampuan komputer untuk mengikuti urutan operasi umum, yang disebut program, memungkinkan mereka melakukan berbagai tugas.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." 

Komputer semacam itu digunakan sebagai sistem kontrol untuk beragam perangkat industri dan konsumen. Hal ini termasuk perangkat tujuan khusus sederhana seperti oven microwave dan remote control, perangkat pabrik seperti robot industri dan desain dibantu teknologi komputer, namun juga pada perangkat tujuan umum seperti komputer pribadi dan perangkat seluler seperti ponsel cerdas. Internet dijalankan di komputer dan menghubungkan jutaan komputer lain.


B. Sejarah dan perkembangan teknologi computer 

Pada tahun 1790, Napoleon Bonaparte, seorang kaisar Perancis memerintahkan peralihan sistem perhitungan lama kekaisaran ke sistem perhitungan baru. Sejak saat iu sejumlah orang melakukan konversi perhitungan dan memasukkannya ke dalam tabel. Sayangnya, Napoleon Bonaparte tidak pernah menerbitkan tabel-tabel itu dan hanya menumpuknya. 

Charles Babbage mengunjungi Paris pada tahun 1819. Ia melihat tabel-tabel yang tidak diterbitkan oleh Napoleon Bonaparte. Hal ini membuatnya berfikir, ada cara untuk dapat meghasilkan tabel seperti itu lebih cepat dengan sedikit tenaga kerja dan sedikit kesalahan.

Pada tahun 1821, saat Charles Babbage kembali ke Inggris, ia segera membuat mesin seperti yang ia pikirkan. Mesin hitung pertama ini diberi nama Difference Engine. Mesin ini hanya dapat melakukan perhitungan matematika dengan sistem penambahan dan pengurangan saja.

Tahun 1832, Charles Babbage, mendapatkan ide untuk mengembangkan mesinnya supaya dapat menyelesaikan berbagai jenis operasi matematika. Mesin ini diberi nama Analytical Engine yang dimaksud sebagai mesin manipulasi simbol umum dan mempunyai karakteristik dari komputer modern.

Vannervar Brush, insinyur listrik berkebangsaan Amerika Serikat, mengembangkan mesin untuk meyelesaikan persamaan diferensial pada tahun 1930. Mesin ini dianggap sebagai komputer analog yang andal.

Empat belas tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1944, komputer digital dalem bentuk awalnya berhasil dirancang oleh Howard Aiken. Beliau adlaah seorang profesor di Harvard university. Komputer digital tersebut diberi nama Mark I. komputer ini mampu melakukan tiga penjumlahan per detik.

Perkembangan Komputer dari Awal Sampai Sekarang

Dari awal terciptanya komputer hingga sekarang, tentunya sejarah komputer selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Jika dahulu komputer pertama hanya dapat digunakan untuk menghasilkan operasi matematika penjumlahan dan pengurangan, kini bisa pula untuk hal yang lebih kompleks seperti mendesain.

Dalam perkembangannya komputer telah terjadi beberapa perubahan generasi komputer, dari komputer generasi pertama, komputer generasi kedua, komputer generasi ketiga, komputer generasi keempat, dan komputer yang kini kita kenal termasuk dalam komputer generasi kelima.

Masing-masing generasi tentunya memiliki sejarah tersendiri. Berikut sejarah sistem komputer setiap generasinya.


1. Teknologi Komputer Generasi Pertama (1946-1959)


          Komputer generasi pertama dikenal dengan istilah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). ENIAC dirancang sejak 1942 oleh dua orang ahli komputer yaitu Presper Eckert dan Dr John W Mauchly di Universitas Pennsylvania. Projek ini rampung pada tahun 1946. Bisa dibilang ENIAC merupakan komputer dengan bentuk yang sangat besar dari generasi lainnya. Masalahnya untuk membuat sebuah program ENIAC memerlukan luas ruangan lebih dari 500 meter persegi. Ini karena ENIAC menggunakan setidaknya 70 ribu resistor, 75 ribu relay dan saklar, 18 ribu tabung hampa udara dan 10 ribu kapasitor. Serta untuk menyalakan sebuah ENIAC memerlukan daya listrik yang sangat besar sekitar 140 kilowatt. Keunikan lainnya dari komputer jenis ENIAC adalah hanya bisa menjalankan satu intruksi saja dengan menggunakan program kode-biner. Selain itu, ENIAC juga cepat panas sehingga selalu memerlukan pendingin serta bekerja cukup lama. CPU (Central Processing Unit) telah ada sejak komputer generasi pertama, dan sistem programnya bernama machine language.

Ciri-ciri komputer generasi pertama: 

1. Memiliki hardware ukuran yang jauh lebih besar serta memerlukan ruang yang luas.
2. Interior design sistem operasi dibuat secara spesifik dan hanya dapat melakukan tugas tertentu.
3. Program hanya dapat dibuat memakai bahasa mesin.
4. Menggunakan silinder magnetic untuk menyimpan data..
5. Membuthkan daya listrik yang sangat besar.
6. Perlu mesin pendingin karena cepat panas.
7. Memiliki kapasitas simpan yang kecil.
8. Kinerjanya lambat.
9. Memakai konsep stored program dan menggunakan magnetic core storage sebagai memori utama.
10. Menggunakan tabung hampa sebagai sirkuitnya.

2. Teknologi Komputer Generasi Kedua (1959- 1964)


        Komputer generasi pertama dirasa masih kurang sempurna, sebab itu para ilmuwan kemudian mengembangkan kembali komputer generasi kedua. Salah satu penemuan hebat di era ini adalah ditemukannya teknologi transistor yang menggantikan fungsi tabung vakum hampa udara. Dengan menggunakan transistor komputer generasi kedua menjadi lebih kecil dibanding generasi pertama. Keistimewaan lainnya adalah tidak banyak menyedot aliran listrik, dan biaya produksinya terjangkau. Bahasa pemrograman dalam generasi ini tidak lagi menggunakan bahasa mesin, tetapi mulai beralih menjadi bahasa assembly dan bahasa simbolik. Memungkinkan untuk memberikan intruksi dalam bentuk kata-kata. Komputer pertama yang diciptakan menggunakan teknologi terbaru ini adalah super komputer. Lalu perusahaan komputer IBM terus mengembangkan produknya membuat beberapa varian lain seperti Strech, Sprery Rand dan LARC. Atas kepopulerannya, komputer generasi kedua pun banyak diminati oleh berbagai macam industri seperti industri kesehatan, pendidikan, keuangan, dll. Di masa ini pula, komputer sudah bisa menggunakan perangkat luar seperti printer, disket, memori, sistem operasi dan program. Tetapi kekurangan di teknologi komputer generasi kedua ini terletak di perangkat kerasnya yang mudah panas. Sehingga berpotensi merusak bagian dalam komputer yakni quart rock (batu kuarsa).

Ciri-ciri komputer generasi kedua:

1. Telah menggunakan operasi bahasa pemrogaman tingkat tinggi fortran dan cobol.
2. Kapasitas memori utama menggunakan magnetic core storage.
3. Menggunakan simpanan eksternal seperti magnetic tape dan magnetic disk.
4. Mampu memproses secara real time dan juga real sharing.
5. Ukuran fisik jauh lebih kecil dibanding komputer di generasi pertama.
6. Kinerjanya lebih cepat.
7. Daya listrik lebih kecil. 
8. Pemakaian program ini tidak lagi terpaku pada aplikasi bisnis tapi juga pada aplikasi teknik.

3. Teknologi Komputer Generasi Ketiga (1965-1971)
 

            Teknologi komputer generasi ketiga ditandai dengan adanya Integrated Circuit (ICs atau IC). Teknologi ini ditemukan oleh Jack Kilby seorang insinyur listrik yang mendapatkan Nobel karena temuannya ini. Kilby merasa bahwa penggunaan transistor masih kurang efektif untuk komputer. Transistor membuat kinerja komputer menjadi cepat panas. Oleh karena itu, Kilby mengembangkan Integrated Circuit (IC) namun tetap memakai transistor tetapi dalam bentuk yang lebih kecil. Transistor tersebut diletakkan di dalam IC bersama dengan resistor dan kapasitor. Bahkan penemuannya itu, masih digunakan untuk jenis komputer di era sekarang. Adapun komputer yang diciptakan di generasi ini kebanyakan dibuat oleh perusahaan Digital Equipment Corporation. Mereka menjual komputer dengan berbagai jenis semisal PDP-11, CDC 6000, CDC 3000, GE-600, NCR Century, dan masih banyak lagi jenis komputer lainnya. Bila dirunut ciri dari komputer generasi tiga yaitu hemat listrik, software semakin berkembang dan mengalami peningkatan, memiliki kapasitas memori yang lebih besar, kinerja komputer menjadi lebih cepat karena memanfaatkan teknologi IC, bentuk lebih kecil, harga terjangkau, mampu berkomunikasi antar komputer dan bisa melakukan perintah multitasking dan processing, tersedia hardware penyimpanan luar berupa disket dan menjadi komputer generasi pertama yang bisa menggunakan keyboard.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga:

1. Listrik yang digunakan lebih hemat.
2. Software akan lebih meningkat.
3. Harga kian terjangkau.
4. Memori memiliki kapasitas yang lebih besar.
5. Kecepatan menggunakan IC sehingga kinerja komputer lebih cepat.
6. Memiliki kecepatan 10.000 kali lebih cepat di banding generasi pertama.
7. Komputer sudah dapat melakukan multiprocessing.
8. Komputer sudah menggunkan memakai visual display dan dapat mengeluarkan suara.
9. Menggunakan penyimpanan luar seperti disket magnetic
10. Mampu melakukan komunikasi dengan komputer lain.

4. Teknologi Komputer Generasi Keempat (1971 – 2000an) 



        Pada generasi ini perkembangan komputer semakin tidak terbendung. Ditandai dengan banyaknya perusahaan yang muncul dan membuat gebrakan dari teknologi komputer. Sebut saja seperti kemunculan perusahaan Intel yang menciptakan Chip Microprocessor. Chip sendiri terdiri dari ribuan transistor, IC dan elemen sirkuit yang dipadatkan dalam elemen yang berbentuk persegi empat. Fungsi Chip ini menjadi otak serta memori internal dari satu komputer. Di tahun 1972 perusahaan Intel menciptakan mikrokomputer 4 bit, dilengkapi dengan chip prosesor 4004 yang memiliki 230 transistor dan bisa melakukan eksekusi perintah dengan 60 ribu operasi dalam satu detik. Oleh sebab itu, di generasi ini pula mulai muncul komputer mikro atau yang lebih dikenal komputer jinjing atau laptop. 

 

        Sementara perusahaan lain seperti IBM pada 1971 fokus untuk membuat komputer bagi kalangan perumahan. Dan pada 1984 perusahaan Apple membuat produk Macintosh disingkat menjadi MAC yang sekarang banyak dikenal. Selain kemunculan banyaknya perusahaan baru, di generasi ini juga mouse untuk pertama kalinya bisa digunakan, tampilan komputer mulai memperhatikan Graphic User Interface, serta para ilmuwan mulai berpikir untuk membuat jaringan komputer serta menyambungkannya dengan internet. Dengan semua perkembangan yang dialami oleh komputer, dampaknya sampai bisa dirasakan oleh kita sekarang ini. Ditambah kini penggunaan komputer tidak hanya untuk kalangan bisnis atau perumahan saja. Lebih dari itu, pangsa pasar komputer mulai merambah perseorangan. Sehingga kita mengenalnya dengan PC (Personal Computer).

Ciri-ciri komputer generasi keempat:

1. Dapat menggunakan LSI atau large scale integration.
2. Sudah dikembangkan dengan memakai semikonduktor dan mikro processor yang berbentuk seperti chip untuk memorinya.
3. Dipasarkan juga pada sektor perorangan.
4. Selalu muncul komputer terbaru yang lebih efisian dan mudah di bawa kemana-mana seperti Laptop 

5. Teknologi Komputer Generasi kelima (2000 – Masa Depan)


        Seiring berkembangnya teknologi Artificial Intelligence (AI), para ilmuwan di bidang komputer juga tengah menggarap pembuatan komputer yang canggih dan pintar. Nantinya komputer yang masih dalam masa pembuatan ini diharapkan bisa dioperasikan berdasarkan bahasa manusia serta bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Komputer di masa depan akan dibangun dengan mengembangkan komputer kuantum, molekular dan kecanggihan teknologi nano. Melalui semua kecanggihan teknologi itu, komputer di masa depan dapat mengimbangi kecerdasan manusia. Komputer yang bisa mendengar, melihat berbicara bahkan membuat kesimpulan layaknya pikiran manusia.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

1. Komputer masih menggunakan teknologi LSI namun akan mempunyai banyak pengembangan.
2.  Memiliki fitur yang terus berkembang setiap tahunnya.
3.  Semakin cepat dalam pemrosesan informasi.
4. Komputer memiliki kemampuan untuk mendengar, berbicara, melihat, berbicara dan pastinya lebih canggih lagi. Bahkan dapat memberikan kesimpulan layaknya manusia. 

C. Pemanfaatan teknologi computer 

1. Komputer sebagai alat berkomunikasi 
        Dengan adanya komputer dan jaringan internet, manusia akan mudah melakukan komunikasi jarak jauh dengan manusia lainnya. Anda mungkin bisa menggunakan layanan videocall, Skype, Email, Podcast, dll. Bahkan sosial media yang terdapat di internet bisa membuat manusia saling mengenal satu dengan yang lainnya. 

2. Komputer sebagai sarana informasi 
        Melalui teknologi komputer yang terhubung dengan internet. Anda bisa menemukan beragam info di dalamnya. Anda bisa membuka berita, bahkan menonton tayangan televisi dan radio. 

3. Komputer membantu pekerjaan 
            Fungsi komputer akan sangat dirasakan sekali oleh para pekerja. Lantaran hampir semua sektor bisnis menggunakan komputer untuk mempermudah mereka mengolah data, berkirim informasi, berbagi dokumen, mencetak dokumen bahkan melakukan komunikasi antar divisi. 

4. Komputer sebagai sarana Pendidikan 
        Adanya komputer menjadi salah satu perangkat penunjang kemampuan siswa untuk bisa bersaing dengan dunia luar. Khususnya bagi siswa yang berpikiran untuk bisa cepat bekerja. Selain itu, dengan adanya komputer juga membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih seru dan inovatif. Seorang pendidik bisa memberikan presentasi agar suasana belajar tidak monoton. 

5. Komputer sebagai sarana berbisnis
        Kepiawaian untuk melihat kesempatan diera digital ini bisa mendatangkan banyak keuntungan. Lewat perangkat komputer dan sambungan internet, Anda sudah bisa membangun sebuah usaha di media online. Bentuknya mungkin bisa beragam seperti mendaftar di market place, membuka website usaha sendiri, atau membuka online shop di berbagai kanal sosial media.  

D. Jenis komputer

Pembagian computer berdasarkan :

a. Cara kerja

1. Analog


            Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah. 

2. Digital 
         
        Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain

3. Hybrid


        Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

b. Berdasarkan Tujuan Penggunaan:

1. Special Purpose
        Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.

2. General Purpose
       Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.

c. Berdasarkan Skala Kemampuan (Kapasitas) 

1. Small Scale
    Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.

2. Medium Scale
    Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal.

3. Large Scale
      Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

E. Elemen dasar system computer 

a. Pengertian elemen dasar sistem komputer

1. Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat dan yang dapat mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan komputer.Contoh: keyboard, CPU, Harddisk, dll.

2. Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data dan komponen dalam data processing system yang berupa programprogram dan teknik-teknik lain untuk mengontrol system. Contoh : Ms. Windows, Ms.Excel, dll.

3. Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan computer atau system pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu system computer. Menurut tingkat pemanfaatan terhadap computer, brainware digolongkan dalam 4 tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi :

· System Analyst : Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan computer

· Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang

· Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan computer

· Operator : Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada

b. Komponen hardware 

1. Input, masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses. Masukan dapat berupa hal-hal yang berwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak. Contoh: yang berwujud bahan mentah, tak berwujud informasi (permintaan jasa dari pelanggan)

Jenis dan cara kerja perangkat input

· Keyboard, Tombol pada papan ketik (keyboard) dikelompokkan menjadi 4 bagian : Tombol Fungsi (function key), Tombol Alphanumerik (alphanumeric key), Tombol Kontrol (control key), Tombol Numerik (numeric key) 
· Mouse, mouse mekanis bola yang terdapat di mouse akan menggerakan beberapa sensor ketika mouse digerakan. Mouse optic terdiri dari 2 LED (Light Emitting Diode) dan 2 lensa (photo-transistor) untuk medeteksi gerakan. Salah satu LED akan mengeluarkan cahaya berwarna merah dan LED yang lain mengeluarkan cahaya inframerah.
· Webcam, dapat mengabadikan aktifitas yang sedang kita lakukan di depan komputer, biasanya orang menggunakan webcam untuk chatting secara bertatap muka.
· Light pen, Light pen (pena cahaya) ialah sejenis piranti layar sentuh sebagai pengganti jari tangan. Sebagai salah satu perangkat input atau input device pada komputer, light pen sering dipakai untuk keperluan grafis, atau menggambar. Bentuknya sangat portable seperti pulpen dan bisa mengeluarkan sensor cahaya saat ujung pena digoreskan pada layar monitor. Jadi kita dapat menulis maupun menggambar dengan mudah. Layar monitor mampu merekam tiap baris per detik sebanyak 6 sinyal elektronik. Monitor yang dapat menerima sinyal cahaya dari light pen bukanlah monitor sembarangan, melainkan monitor yang mempunyai kabel penghubung. Contohnya Notebook Sharp. Pemakaian light pen digunakan untuk program tertentu seperti Computer Aided Design (CAD) atau Computer Aided Manufacturing (CAM).
· Touchpad, merupakan perangkat input yang bekerja layaknya mouse, yaitu sebagai penunjuk pointer atau kursor. Bedanya, mouse tergolong portable device yang dapat dipasang dan dilepas. Kalau touch pad biasanya terdapat pada laptop / notebook yang sudah terpasang permanen. Cara menggunakannya hanya dengan menggerakkan jari pada permukaan touch pad.
· Scanner, memiliki fungsi untuk menampilkan / mengcopy teks atau gambar melalui layar monitor dan dapat disimpan berupa file. Hasil copy-annya sangat mirip mulai dari warna dan bentuk. Untuk ukuran bisa diedit sesuai dengan kebutuhan. Mesin scanner zaman sekarang fungsinya bisa merangkap sebagai mesin fotokopi, dan printer. Ketiga tugas penting dalam percetakan ini dapat ditemukan dalam satu alat (3 in 1).
· Joystick, ialah alat berupa tuas dan bisa bergerak ke segala arah. Kegunaannya untuk mentransmisikan arah pada permainan video game. Perangkat ini dilengkapi dengan tombol-tombol untuk melakukan beberapa fungsi dan tugas
· Trackball, merupakan benda kecil bulat yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah. Benda ini terdapat pada mouse, biasanya terletak di tengah atas. Fungsinya untuk menggerakkan layar secara vertikal (naik / turun). Trackball memudahkan pengguna dalam menggeser atau memindahkan halaman.
· Graphics pad, merupakan perangkat keras yang dipakai untuk menggambar sketsa. Alat ini dapat memungkinkan pemakainya menggambar dengan tangan layaknya menulis atau menggambar memakai kertas. Jika menulis di atas kertas menggunakan pensil atau pena, piranti ini menggunakan perangkat khusus yang dinamakan light pen.
· Barcode reader, sering kita jumpai di kemasan produk-produk yang diperjual belikan di pasaran. Ada alat khusus untuk membaca data pada barcode. Piranti ini termasuk dalam input device atau perangkat input komputer. Data pada barcode yaitu berupa kumpulan data optik atau berbentuk kode batang / simbologi linear / satu dimensi (1D). Piranti satu ini biasanya ada di toko swalayan untuk mentranskripsi kode batang barcode suatu produk. Alat barcode memudahkan tugas manusia agar lebih efektif, efisien dalam bekerja. Sehingga pelayanan di toko pun menjadi lebih cepat.

2. Proses, merupakan bagian dari yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna, misalnya berupa informasi atau produk, tetapi bisa berupa hal-hal yang tidak berguna misal pembuangan limbah. Pada sistem informasi, proses dapat berupa suatu tindakan yang bermacam-macam seperti meringkas data, melakukan perhitungan, mengurutkan data dll.

3. Control, pengendalian (control) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

4. Penyimpanan, merupakan suatu bentuk wujud dari hasil input data yang terekam dalam suatu wadah yang telah disiapkan sebelum yang disesuaikan dengan kapasitas dari wadah tersebut yang dapat berupa perangkat keras.

5. Output, merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa suatu informasi, saran cetakan laporan dan sebagainya.

Perangkat dan metode output :

· Monitor adalah keluaran yang berupa sinyal elektronik sehingga menghasilkan gambar yang sering kita lihat di layar monitor. Gambar tersebut hasil dari pemrosesan data. Resolusi gambar tiap monitor berbeda-beda. Resolusi mempengaruhi ketajaman gambar. Semakin besar resolusinya, maka akan semakin bagus gambarnya. Ukuran monitor pun berbeda seperti televisi yang memiliki bermacam ukuran. Perangkat satu ini merupakan ragam soft copy device dengan bentuk flat (layar datar), layar cembung. Terdapat berbagai jenis monitor, yaitu monitor LCD, tabung sinar kathoda, monitor plasma, dan monitor OLED. Monitor LCD (Liquid Crystal Display) merupakan media penampil yang memakai kristal cair.

1. LCD ini dapat kita temui pada alat elektronik, contohnya kalkulator, televisi, notebook, dan layar komputer. Beberapa kelebihan LCD diantaranya hanya membutuhkan daya listrik rendah, mengeluarkan panas sedikit, tipis /flat, dan beresolusi tinggi.

2. Tabung sinar katode (cathode ray tube / CRT) biasanya digunakan dalam televisi, layar komputer, oskiloskop. Piranti satu ini ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun. Pada abad ke 20 CRT banyak dipakai oleh orang-orang untuk menonton tv yang sering disebut tv tabung. CRT pada TV tabung ini dikembangkan oleh Philo Farnsworth. Sinar katode dihasilkan dari katode yang diberi energi panas di dalam sebuah vakum sehingga menghasilkan aliran elektron dengan kecepatan tinggi.

3. Monitor plasma mulai digunakan sekitar tahun 1970 dan diciptakan oleh Donald L. Bitzer dan H. Gene Slottow tahun 1964.

4. Monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode) ialah semi konduktor yang terbuat dari lapisan organik dan bertugas sebagai pemancar cahaya. OLED biasanya dipakai dalam elektroluminensi, contohnya pada apk tampilan layar. Teknologi diode cahaya organik ini ukurannya sangat tipis sekitar 1 mm atau kurang.

· Printer, perangkat keras printer berfungsi untuk mencetak data dari komputer, baik berupa teks maupun gambar / foto. Cetakan dari printer berbentuk hardcopy yang dicetak di atas kertas. Alat utama untuk menghasilkan cetakan adalah tinta dan tinta bubuk (toner). Perbedaannya terletak pada sistemnya. Tinta atau sembur tinta tidak membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta bubuk (laser) butuh pemanasan. Mesin printer sekarang mempunyai banyak jenis dan dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. Satu piranti tidak hanya satu fungsi, tetapi memiliki beberapa fungsi, seperti scan, print, fotokopi. Saat ini ada mesin cetak versi baru yang dapat menghasilkan cetakan dalam bentuk 3D. Perangkat cetak 3 in 1 ini memudahkan pekerjaan penggunanya, entah itu yang bekerja di institusi negeri, swasta, perorangan, usaha percetakan, maupun usaha rumahan. Pencetak modem adalah alat yang sangat canggih. Benda elektronik yang ada pada sebuah mesin pencetak sama dengan benda elektronik yang terdapat pada komputer. Mesin cetak memiliki 6 jenis yaitu Daisy Wheel, Dot Matrix, Drum, Laser, Chain, dan Ink-jet / Bubble Jet. Sekarang perangkat cetak tersedia dengan kemampuan multifungsi sehingga pekerjaan di bidang percetakan maupun penerbitan menjadi lebih mudah.

· Plotter merupakan printer grafis yang mampu menggambar grafis berdasar data yang dimasukkan. Plotter mampu mencetak gambar dengan menyesuaikan ukuran blueprint arsitektur dan engineering.

Alat output ini dibagi menjadi 3, plotter Gerber Infinit, Mechano, dan Final. Selain ketiga macam plotter tersebut, masih ada jenis plotter lainnya, seperti plotter pena, elektrostatis, thermal, pemotong, dan format lebar. Plotter pena menghasilkan keluaran berbentuk garis kontinyu pada plastik transparan atau kertas. Plotter elektrostatis memanfaatkan energi listrik agar menarik tinta pada kertas. Kemudian tinta dicairkan melalui pemanasan. Kualitasnya memang tidak sebaik plotter pena, namun plotter elektrostatis memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding jenis pena. Selanjutnya, plotter thermal bisa dipakai pada film buram maupun kertas. Caranya yaitu memanfaatkan energi panas supaya terbentuk gambar. Lalu plotter pemotong mempunyai fungsi untuk memangkas karet, gabus, vinyl, dan sebagainya. Alat ini biasanya dimanfaatkan pada industri pakaian atau sepatu untuk membuat pola dan memotong. Plotter format lebar banyak dimanfaatkan oleh perusahaan grafis. Piranti ini mampu menghasilkan cetakan berwarna dengan format lebar.

· Speaker ialah perangkat keras yang dapat menghasilkan data berupa audio / suara. Piranti ini bisa juga disebut sebagai pengeras suara, karena mampu mengeluarkan volume suara yang menggelegar. Berbeda dengan earphone yang sifatnya private, suara hanya bisa didengar oleh pengguna. Sedangkan speaker mengeluarkan gelombang suara yang sifatnya keras sehingga orang di sekitar bisa mendengar. Speaker cocok digunakan ketika ada acara besar atau ingin menikmati musik kencang agar gelombang suara mencapai ke telinga pendengar, walaupun dengan jarak beberapa meter dari sumber suara. Speaker ukurannya ada yang besar dan kecil. Kini, model dan teknologinya makin canggih, salah satunya terdapat tambahan fitur bluetooth, sehingga tak perlu kabel sebagai penghubung.

· Earphone atau headphone berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan data berupa audio tanpa bantuan speaker. Perangkat ini dapat dipasang pada telinga pengguna sehingga hanya pengguna yang mendengar suara yang muncul dari komputer. Selain itu, piranti ini juga dapat dipakai untuk berbicara karena ada perangkat komuniksinya.

· Proyektor, perangkat keras ini merupakan sejenis alat optik, berfungsi menampilkan gambar di layar proyeksi atau benda lain yang dapat menerima pantulan cahaya. Ada berbagai jenis proyektor, yaitu proyektor LCD, proyektor film, slide, overhead, dan proyektor proyeksi. Perangkat output satu ini mengintegrasikan sistem optik, sumber cahaya, dan display, lalu memproyeksikan video atau gambar ke layar atau dinding.


sumber : 

https://www.taxifabric.org/sejarah-komputer/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

STANDAR DAN PANDUAN AUDIT SISTEM INFORMASI

Nama                     : Amylia Nurrizky Yudhistiara Kelas / NPM         : 4KA21 / 10120135 Mata Kuliah         : Audit Teknologi System Informasi Dosen                    : Kurniawan B. Prianto, S.Kom., SH, MM Standar dan Panduan Audit Sistem Informasi   ·        Standar audit Standar Audit SI tidak lepas dari standar professional seorang auditor SI. Standar professional adalah ukuran mutu pelaksanaan kegiatan profesi yang menjadi pedoman bagi para anggota profesi dalam menjalankan tanggungjawab profesinya. Standar profesional adalah batasan kemampuan (knowledge, technical skill and professional attitude) minimal yang harus dikuasai oleh seseorang individu untuk dapat melakukan kegiatan profesionaln...

APPLICATION CONTROL FRAMEWORK

            Nama                     : Amylia Nurrizky Yudhistiara Kelas / NPM         : 4KA21 / 10120135 Mata Kuliah         : Audit Teknologi System Informasi Dosen                    : Kurniawan B. Prianto, S.Kom., SH, MM ASPEK-ASPEK DALAM APPLICATION CONTROL FRAMEWORK 1.      Boundary control Mengendalikan sifat dan fungsi pengendalian akses, penggunaan pengkodean dalam pengendalian akses, nomor identifikasi personal (PIN), digital signatures dan plastic cards. Tujuan dari boundary control adalah : a.      Untuk menetapkan identitas dan otoritas user terhadap system computer b.      Untuk menetapkan identitas dan kebenaran sumber informasi yang...

Arsitektur Komputer dan Standar Ukur Peralatan Komputer

Arsitektur computer      Arsitektur Komputer adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang tata cara untuk menghubungkan berbagai komponen perangkat keras agar tercipta sebuah sistem komputer yang dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Arsitektur komputer akan menghasilkan sebuah konsep perencanaan berupa rencana cetak biru dan hubungannya dengan berbagai perangkat yang didesain.        Arsitektur komputer lebih menekankan pada konsep dari sebuah sistem komputer, dan implementasi dari perencanaan akan fokus pada tiap bagian terutama pada kerja CPU, cara untuk mengakses data dan alamat dari dan ke RAM, memori cache, dll. Pada arsitektur komputer dipelajari atribut sistem komputer dan berdampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.  a. Arsitektur system computer       Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitekt...